Kamis, 14 Juni 2012

Cinta Jarak Jauh Amat



Ketika masih SMA dulu, aku pernah mengalami kejadian terbodoh, yang kalo aku inget lagi sekarang, Cuma membuat malu diri sendiri. Ini perihal cinta-cintaan. Aku paling suka online. Dan melalui jejaring facebook, aku mengenal seorang cowok, dia anak Jakarta. Entah, aku lupa awal-awalnya kayak gimana, pokoknya waktu itu pas aku lagi mau cari teman di facebook, aku lihat foto profilnya dia yang kelihatan kalo dia itu anak gaul, aku add aja. Taut au, setelah 2 hari, aku buka facebook lagi, dia ngewall aku.
            ‘Thx ya udah add J’ Begitu aku baca wall dari teman facebook baruku yang dari Jakarta ini, aku senyam senyum sendiri. Pas aku baca wall itu, aku lagi minum jus alpukat yang aduhai banget rasanya, dapet gratis dibeliin temen pula.
            Seminggu aku rutin wall-wallan sama cowok itu, namanya Abek. Belakangan aku ketahui dari pengakuan dia, nama aslinya itu Saefudin. Hah? Dimana nyambungnya? Setelah tiap hari kita wall-wallan, dia minta nomer hpku. Tanpa mikir panjang, langsung aku kasih aja (tapi jangan kira kalo aku cewek gampangan lho). Tiap hari juga akhirnya kita mulai sering MSMSan. Dia nembak aku. Gila banget kan? Bermodal lihat facebook masing-masing, dia dengan gagah berani, langsung minta aku buat jadi kekasihnya. Aku waktu itu masih munafik banget jadi cewek. Ya, munafiknya dalam konteks munafik ke temen-temenku yang udah pada punya pacar. Dan pacar-pacar mereka itu keren-keren pada jaman aku SMA dulu. Karena aku juga pengen dibilang ‘laku’, aku terima aja Abek. Abek masuk kategori keren soalnya, tapi aku nggak ada cinta sama dia. Suerr.
            Pacaranku dengan Abek, lucu banget. Dia di Jakarta, jauh banget jaraknya dengan tempat tinggalku di Semarang Timur(Timurnya timur bangeet). Sama-sama nggak tau juga kana pa aja yang kita lakukan masing-masing dibalik hubungan pacaran? Kalo dipikirkan dalam jangka panjang, emang ngeri banget, tapi alhamdulilah, pacaranku nggak panjang, Cuma seminggu.Aku sadar, aku terlalu berani main-main urusan cinta. Akhirnya aku putus sama Abek karena dia nuntutan banget sama aku. Tiap hari minta ditemenin SMSan sampe jam 11 malem coba? Emang mau ditemenin ngepet sekalian apa? Tiap hari aku harus nurutin tuntutan itu, otomatis male,jengkel,sebel dan marah dong jadi cewek yang dituntutin ini ono sama cowoknya padahal kondisinya pacar jarak jauh.
            Putus sama Abek nggak membuat aku sedih seperti layaknya seorang cewek kalo habis putus sama pacarnya. Biasanya cewek-cewek yang seperti itu, update statusnya yang galu-galu, yang ratapan-ratapan, habis itu SMSin temen-temen ceweknya , ‘Like statusku dong L
            Akhirnya aku kelas 3 SMA, atau dalam dunia pendidikannya disebut kelas XII (bacanya duabelas, bukan ex i i). Karena aku dulu anak IPA, aku menyibukkan diri untuk belajar disbanding mikirin lagi keinginan untuk pacaran. Entah, mungkin karena aku jelek dan galak, sekali ada cowok lihat, bawaan mereka pada mau eek. Yaudahlah, perkara pengen pacaran, aku tunda dulu.
            Saat pertengahan semester, ada acara Pagelaran Seni di SMAku. Au dulu cukup aktif kalo di acara-acara seni gitu. Dulu, aku keyboardist yang lumayan terkenal di sekolah. Kebetulan aku keyboardist swasta,sih. Soalnya belum professional. Malah cenderung aku keyboardist honorer yang kadang aku main keyboard, ngeband bareng temen-temen, kadang juga jadi tukang bawa keyboard, sampe kadang juga aku jadi stand keyboard.
            Di Pagelaran Seni itu, anak-anak kelas XII dituntut utntuk menampilkan karya-karya perwakilan kelasnya masing-masing. Gara-gara acara itu, aku merasakan yang namanya Cinta Pada Pandangan Pertama. Saat melihat penampilan dari XII IPA 5, ada sesosok wajah menawan yang kalo diartisin, ya Christian Sugiono gitu lah 11 14. Tatapanku focus banget ke cowok itu. Namanya Edi.
            Ketika melihat dia, ada imajinasi yang tiba-tiba muncul di pikiranku. Ada lagu India yang bahasanya jadi Indonesia dengan irama dangdut jaman 70an, disitu aku dan Edi berpakaian persis kayak Salman Khan sama Kareena Kapoor. Kita nyanyi-nyanyi sambil menari di taman bunga. Lalu aku guling-guling sendiri, Edi guling guling sendiri. Saking asiknya guling-guling, ternyata alas yang aku buat berguling gaya ikan asin ituadalah kasur ibuku yang lagi dijemur karena habis diompolin sama adekku. Badanku serasa disemprot parfum rasa pipis 10 ml. Mending, kalo pipisnya bayi umur 5bulan, lha ini bayi umur 5tahun. Akupun berteriak seketika, ‘Aaaaaaa!!’ Karena teriak-teriak, ibuku malah memukuli aku pake seblak kasur (di imajinasiku).
            Sadar-sadar, ternyata aku ditempeleng sama Olin, temen yang duduk di sebelahku. Lalu, aku ceritakan semua imajinasiku tadi ke Olin. Olin ketawa hebat ,lalu duduk bergeseer menjauhi aku.
            ‘Emangnya bau pipisnya sampe sini Lin?’ Kataku bete.
            ‘Kamu tu aneh-aneh aja.’ Kata Olin sntai sambil masih ketawa tawa.
            Karena dia ketawanya mangap banget, aku sumpelin aja mulut Olin pake lemper yang aku ambil di dalam snack punya temen sebelahku.
            ‘Hahahaha lucu ya Lin? Nih tambah lucu’ Lemper itu masuk sesuai sasaran.
            Eeeh, taunya temen sebelahku yang lempernya aku ambil, dia nangis lalu lapor ke panitia acara.
            Setelah acara selesai, aku nggak berhenti-berhenti senyam senyum sendiri.
            ‘Yan, kamu baik-baik aja? Kenapa sih?’ Tanya Olin.
            ‘Nggak papa kok.’ Jawabku.
            Sewaktu aku sama Olin udah mau pulang, sesampainya di gerbang, Edi lewat dengan menunggang mio putih lengkap dengan helm warna putih juga.
            ‘Lin, Lin, Edi Lin.’ Aku semangat banget menyambut kelewatan Edi saat itu.Padahal Cuma biarin dia lewa, berlalu tanpa memandang aku, apalagi tersenyum ke arhku, perasaanku udah seneng banget tapi.
            ‘Yah Yan, kok nggak kamu panggil? Ed, Edii!!!’Olin masih nyoba buat manggil Edi yang udah jauh dari gerbang.
            ‘Iiiih, ngapain sih Lin? Udaaah, nggak papa kok.’ Aku yang jelas-jelas dicuekin sama Edi, masih senyam senyum sendiri.
            Semenjak Pagelaran Seni, aku mulai suka sama Edi. Sebenernya kenal sama dia udah dari kelas XI,sih. Cuma, nggak akrab aja. Cuma kenal dari Yefta, temen se-bandku dulu, dia sekelas sama Edi. Sehabis Pagelaran, aku semakin menjaga perasaanku ke Edi.      Sewajarnya orang suka, aku sering ngelamunin Edi. Mulai dari ngebayangin India-indiaan kayak waktu itu, sampe ngabayangin,aku dan Edi lagi jadi sepasang kekasih kayak yang ada di film-film kore, yang ceritanya si cewek lagi sakit parah banget dan udah mau meninggal, kemudian Edi dating dengan kekuatan cintanya yang luar biasa, dia mengecup keningku sambil berdialog, ‘Aku cinta banget sama kamu.’ Akhirnya aku nggak jadi meninggal, dan dinikahin sama Edi. Set endingnya di pinggir pantai kita pake baju putih-putih gitu.
            Bayanganku udah terlalu jauh, karena rasa sukaku ke Edi yang meningkat status juga, jadi CINTA. Selain ngebayangin, aku juga jadi sering bikin tulisan-tulisan yang mencantumkan perasaanku ke Edi. Nulis namaku dan nama Edi di buku-buku pelajaran, bikin puisi cinta yang nggak pernah aku share ke siapapun, sampai aku mambuat sebuah lagu yang aku buat dengan kemampuan yang seala kadarnya.Walau tidak begitu bagus, cukup pantas buat didengerin pas yang ngedengerin udah tidur.
            Tapi sayangnya, semakin aku cinta sama Edi, aku semakin nggak pernah lihat dia keluar dari gerbang sekolah di jam-jam yang biasanya aku lihat dia. Biasanya, aku sempetin buat pulangnya agak nanti,karena mau lihat Edi,keluar dari gerbang itu. Tapi, berkali kali aku nungguin di depan gerbang, mengulur waktu Cuma buat ngelihat Edi yang lewat 10 detik doang, penantian di pinggir jalan raya itu selalu sia-sia.
            Suatu hari, hari itu hari jumat, pulang sekolah jam 11.00. Olin mengajkku pulang.
            ‘Yan, pulang yok? Udah ada bis tuh.’ Olin menarik tangan kiriku sambil mengajak untuk nyebrang menghampiri bis yang diem di sberang jalan sana.
            ‘Lin, tunggu deh. Nanti ajalah ya,bis habis ini deh. Ya?’ Aku bersikeras untuk nunggu di gerbang, berharap hari itu aku bias lihat Edi keluar dari gerbang, karena pasti dia segera pulang untuk sholat jumat.
            ‘Ah, kita harus segera bikin tugas Yan. Ayok!’ Olin memaksaku, akhirnya dia berhasil menggeret tangan dan tubuhku dan kita udah berada di bis.
            Dari kaca bis yang agak ketutup penumpang yang berdiri, aku masih melihat lihat kea rah gerbang. Aku melihat Edi keluar dari gerbang sekolah. Dia menunggang mio putih dan helm putihnya juga, tapi, dia keluar dari sekolah memboncengkan seorang cewek berjilbab yang menurutku itu bukan anak kelas XII. Walau kayak sinetron banget, tapi emang begitu adanya.
            Aku Cuma bias melihat pemandangan itu sambil berlalu seiring bisnya mulai nggak diem alias jalan. Aku sedih. Bisa aja itu cewek Cuma nebeng Edi,tapi nggak tau kenapa aku cemburu banget. Saat itu Olin ngajak bicara,tapi aku nggak pernah menanggapi.
            Kelulusan tiba. Setelah lulus SMA, kira-kira pertengahan bulan Juli, aku yang sudah mulai biasa aja sama Edi (agak nggak cinta lagi karena dicuekin terus), dikejutkan dengan sebuah insiden. Waktu itu, aku sedang buka facebook, dan aku menemukan Edi mengomentari statusku. Setelah itu, aku cari tau nomer hp Edi lewat Yefta. Dapet. Dan aku mulai menaikkan level keberanianku, aku SMS dia. Berasa bias deket, aku seneng banget, dan… perasaan yang dulu, timbul lagi.
            Beberapa waktu berlalu, aku dan Edi sama-sama mengikuti tes Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Aku dan Edi mendaftar di Universitas yang sama. Dia memilih pengen kuliah di Pendidikan Bahasa Inggris, dan aku di Seni Musik. Dari situ, perasaan yang pernah tertimbun tanah, tanpa aku paksa, dengan mudah banget bias aku rasain lagi.
            Sayang, nasib nampaknya membuat aku dan Edi tidak boleh satu kampus. Dia tidak diterima di Universitas yang kita daftarin bareng-bareng. Akhirnya dia kuliah di Solo. Aku di Semarang. Tapi ternyata, diam-diam, Edi mendaftar di STAN. Aku sempet tersentak kaget. Soalnya, setahuku,di SMA dulu, Edi adalah cowok yang kurang aktif karena kepinterannya. Tapi aku bangga banget denger berita itu dari Yefta.
            Sebelum dia keterima di STAN, dia tetep kuliah di Solo sampai pada waktu dia diterima nanti, dia akan keluar dari kampusnya. Kalo nggak keterima,dia tetep bias berkuliah disana. Awal-awal kita mulai jadi mahasiswa, aku semakin berpikir, aku nggak mau menunda waktu lagi seperti dulu waktuku yang terbuang banyak buat dia. Dengan keberanian seadanya, aku mengutarakan perasaan dan isi hatiku kepada Edi. Aku bilang semuanya, kalo dari SMA habis Pagelaran Seni, aku udah suka sama dia. Bahkan sampai sekarang, perasaan itu udah naik pangkat menjad CINTA. Tapi, Edi memberikan sebuah balsan yang mengharukan bagiku.
            ‘Kita baru aja kenal Yan. Kamu kan manis, pasti banyak yang suka cowok-cowok di luaran sana. Kita sahabatan aja ya J’ Seperti itu kalimat SMS yang Edi balas ke aku. Aku terharu banget kalo inget kalimat itu. Suerrr.
            Dengan sepenuh hati, aku menerima penolakan yang tidak secara langsung tertuang itu. Aku mencoba untuk, yah,yaudahlah. Mungkin, kita harus menyadari bahwa batas keinginan kita itu tidak boleh untuk dilewati, sekalipun untuk melewatinya ada kekuatan yang sangat besar dan harapan yang tinggi. Dan, itu karena batas adalah jatah yang sudah diberikan Tuhan untuk seikhlas mungkin diterima. Oke, aku mencoba menghibur diri atas kejadian itu.Tapi, telekomunikasiku dengan Edi masih berjalan lancar.
            Setengah tahun berlalu. Sekarang, aku udah semester 2. Edi keterima di STAN, dan kabarnya, sekarang ini dia lagi pendidikan di Makassar. Aku di Semarang. Aku lagi sibuk-sibuknya belajar, dan Edi disana juga. Oya, waktu aku menyatakan isi hatiku ke Edi, dia juga pernah bilang ke aku seperti ini, ‘Nanti kalo aku udah selesai kuliah, baru aku mau seneng-seneng. Sekarang, kita sama-sama belajar yang focus dulu ya biar sukses belajarnya.’ Kalimat itu seolah menjadi symbol sebagai harapan yang Edi kasih ke aku.
            September ini, dia bilang, dia akan wisuda. Dan, sebuah kemungkinan besar, habis itu dia akan membuka hatinya untuk menerima seorang cewek buat dijadikan pacar. Hari demi hari, aku selalu optimis berpikir, aku diberi sebuah harapan yang besar sama Edi.Sampai-sampai, cinta yang aku simpan buat Edi, masih rapid an wangi terjaga di lemari hatiku. Dan, cinta itu akan tahan la,a walaupun jarak jauh banget, yang judulnya CINTA, pasti mendekatkan apa aja.


            Kisahku mencintai orang yang jauh banget fisiknya dari aku, ternyata melanda sahabatku juga, si Fitri (biasanya aku panggil Gembel). Dia anak Seni Tari tapi deket banget sama aku. Pacaran udah 3tahunan, dan selama kuliah, jarak membentangi hubungan pacarannya sama pacarnya, namanya Bibi, dia kuliah di Jogja. Kalo dilihat perbedaannya, gampang. Cinta Jarak Jauhnya Fitri ke Bibi berstatus PACARAN. Nah, kalo aku status Cinta Jarak Jauhnya ke Edi adalah GANTUNGAN. Nelangsa banget aku.
            Tapi, it’s okay, tanpa pengen iri atau sirik sama Fitri, aku selalu terima posisiku yang sebatas gantungan. Mau nuntu Edi, nama baikku nggak pernah dicemarin sama dia, mau maksa, masak cewek memperkosa cowok? Itu mustahil banget untuk aku lakukan. Disamping karena aku mencoba untuk bersabar, aku juga percaya aja sama kenyataan yang mengharuskan aku mencintai orang tanpa ngeluh dan ragu-ragu. Aku pernah nulis srat transparan buat Edi. Aku tulis di blogku.Ya, walaupun Edi nggak mungkin baca, sebatas pengen mencurahkan hati aja,sih aku. Yah yang namanya usaha kan?
            Akhir-akhir ini, aku seering dicurhatin Fitri soal Bibi. Fitri ini orangnya emosian banget kalo udah menyangkut urusan pacarnya nggak bias dihubungin.
            ‘Aku sebel banget! Tai ayam lah Bibi!’ Emosinya meledak kayak kentutnya orang gendut habis makan semur petai.
            Waktu itu, Fitri ngegep, ada wall dari cewek yang emang tengil banget sama Bibi. Sesaat setelah dia telfon Bibi, malah makin emosi dia.
            ‘Kenapa sih Mbel?’
            ‘Ini ada SMS dari nomer nggak aku kenal, tapi ngakunya Bibi. Aku apal karakter Bibi di SMS, ini bukan dia banget.’ Sambil memperlihatkan isi SMS dari nomer nggak dikenal itu.
            ‘Yank, dingin2 gini,kayaknya enak nih missal kita ngangetin badan berduaan yach. Luph yu.’ Isi SMSnya semacam itu.
            Kata Fitri, Bibi itu bukan cowok yang kurang ajar. Dan, kalo aku piker-pikir,ini SMS udah masuk kategori kurang ajar.
            ‘Jangan-jangan ada yang lagi pengen ngerjain kamu Mbel?’ Tanyaku.
            ‘Aku ulang tahunnya masih lama Yan.’
            ‘Bukan ngerjain yang kayak begituan Mbel. Mau ngeganggu hubungan kamu gitu lho sama Bibi.’ Kataku lagi agak monyong-monyong ngomongnya.
            ‘Ah, aku mau telfon Bibi!’
            Lalu, Fitri telfon Bibi. Dia kelihatan emosi banget. Dia ngomong, sambil meremas-remas bantal yang dia pegang.
            ‘Yang, ada SMS yang ngakunya kamu nih. Nomernya aku SMSin ke kamu ya?’ Ditutup telfonnya.
            Setelah ngasih itu nomer ke Bibi, Bibi sebentar kemudian SMS Fitri. Ternyata orang dibalik nomer itu adalah Sesi. Sesi itu musuh besarnya Fitri sejak 3 tahun lalu. Sesi cewek nggak tau malu yang suka gangguin hubungan orang dan pengen merebut pacar orang. Udah sinting mungkin rohaninya dia.
            Perseteruan Bibi dan Fitripun bisa selesai baik-baik saat itu. Dari kejadian yang menimpa sahabatku ini, sedikit terlintas di benakku tentang LDR (Long Distance Relationship). Dimanapun letak cinta yang dipegangi peta yang lengkap, bias jadi dia akan kesasar juga. Mau sekuat beton, cinta yang dibawa mereka masing-masing (penjalin hubungan pacaran jarak jauh), di tempat berbeda dan jauh, bias aja suatu hari kekuatan itu akan melemah.Dan, pemicunya macem-macem. Bkarena kesibukan masing-masing, kebiasaan-kebiasaan berpacaran yang udah mulai terasa membosankan, suasana baru yang menempatkan temen-temen baru dan kenalan baru, atau yang masih banyak lagi.
            Aku tidak meragukan hubungan Cinta Jarak Jauhnya Fitri sama Bibi. Aku kira, kejadian-kejadian ganjal adalah bumbu rahasia dari sebuah hubungan pacaran. Justru, aku salut sama Fitri dan Bibi. Walaupun aku tau karakter ceroboh dan pecicilannya seorang Fitri nggak mencerminkan kalo dia itu cewek dewasa, tapi dibalik tampilan luarnya yang kayak begitu, dia adalah cewek yang cukup dewasa menghadapi CINTA.
            Sekarang giliranku memikirkan Cinta Jarak Jauhku. Belajar dari pengalaman, auk nyobain beberapa alternative buat menjaga keawetan mencintai seseorang. Mungkin kalo untuk bilang ‘I LOVE YOU’ sama Edi, aku nggak pernah berani secara langsung sekarang ini untuk melakukannya, tapi di naluri kelembutan hatiku dibalik kepecicilan bentukku, aku sering banget bilang begitu ke diriku sendiri. Aku nggak perduli Edi nggak bias denger, yang penting dia nggak pergi jauh dari kehidupanku.
            Aku setuju sama yang Pak Ustadz bilang, ‘Jodoh itu di tangan Allah.’ Aku juga setuju sama yang orang-orang Betawi bilang, ‘Elu kagak useh khawatir. Kalo udeh jodoh ntu kagak bakal kemane mane.’ Untuk mengharap Edi bias jadi pacarku, bagiku itu tujuan nomer DUA. Yang PERTAMA adalah, mengharap aku bias ikhlas menerima kebahagiaan yang diciptakan buat Edi dari Allah, sekalipun kebahagiaan itu tidak membuat aku dan Edi menjadi kekasih. Dan, itu bukan sebuah rayuan. Itu sebuah doa untuk CINTA.
‘Kabulkan doa aim ya Allah…’ (backsoundnya: Abdul and The Coffe Theory- Tiada Batas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar