Sabtu, 02 Juni 2012

Gadis Beras Kencur


            Selama hidup menjadi seorang anak perempuan sampai detik ini,aku sangat tidak terlalu memperdulikan kecantikan untuk jadi prioritas. Mungkin,kecantikan itu penting bagi cewek. Apalagi jika kita sudah mantab untuk beranjak dewasa dalam hal usia, dan wajah yg menua. Menurutku,kecantikan itu bukan kepentingan, tapi kebutuhan tersier semata. Ya, yang namanya wajah cantik kan tidak bisa dipaksakan. Kalo udah dari SONO-NYA jelek, mau dicantik-cantikin semahal perawatan wajah di Singapura, secanggih operasi plastik di USA, bahkan semusrik susuk kantil ke dukun paling popular di Boyolali, tetep aja pembohongan public akan ketahuan.
            Aku sendiri, menanggapi sebuah kecantikan, santai saja. Asal jaga kebersihan yang bener, hidup dengan makan makanan yang sehat, olahraga teratur, dan ikhtiar yang rajin, dengan mudah kecantikan juga bakal nempel di diri kita.
            ‘ Nok, nih jamu galian singsetnya diminum dulu, keburu ngantuk.’ Ibuku menyodorkan setengah gelas kecil sebuah cairan berwarna coklat agak kekuningan dengan asep di mulut gelasnya.
            Oya, selain kecantikan, cewek juga sangat membutuhkan bentuk tubuh yang langsing dan menawan. Nah, kali ini aku sedang berambisi untuk nurunin berat badan. Berambisi banget. Aku mengikuti yang Ibu sarankan, yaitu minum jamu galian singset, yang seminggu lalu habis kita beli dari Solo. Jamu ini modelnya disedu di setengah gelas kecil dengan air mendidih. Kalo aku yang waktu itu minum untuk pertama kalinya, lebih memilih menambahkan setengah sendok makan gula pasir putih pucat ke dalam gelas jamu itu. Mau gimana lagi? Daripada aku mati kepahitan.
            Setelah pengalaman pertama minum jamu itu, besoknya aku coba untuk enggak menambahkan gula pasir. Dengan porsi yang sama, aku menghabiskan setengah gelas kecil jamu galian singset itu. Uh, ternyata bukannya pahit, tapi rasanya kayak permen mintz yang dicairkan. Pedes-pedes gimanaaa gitu. Aku piker, asik juga nih minum jamu. Selain sehat, bikin brrrrr juga di mulut.
            ‘ Buk, masih ada berapa jamuku?’ Aku Tanya ke Ibu.
            ‘ Masih ada 5 nih.’ Jawabnya
            Jamu itu, aku minum, pagi-pagi, dan sehari Cuma sekali. Berarti 5 hari lagi jamuku akan habis. Sangat mustahil kalo dalam waktu 5 hari, orang minum jamu, berat badannya bisa turun 5 kilo. Ada, sih, 2 kemungkinan konyol yang terjadi. Satu, dia selama 5 hari Cuma minum air putih tanpa makan sepeserpun nasi. Dua, dia merusak dulu timbangan yang nantinya 5 hari kemudian mau dia pake buat nimbang.
            Lima hari kemudian, aku memutuskan untuk goes ke Solo. Sekalian mampir ke rumah kakungku. Aku berangkat sama Ibu. Naik motor dari rumah sampe Solo, cukup membuat pantatku langsing. Setelah sampainya kita di skeet Keraton Surakarta, aku memarkirkan motorku. Ibu sedang masuk sebuah mini market. Sepertinya mau beli oleh-oleh dan rokok buat kakung. Aku yang disuruh nunggu di motor, merasa disiksa banget oleh Ibu kandungku sendiri. Aku tau, mungkin karena Ibu takut kalo aku ikut masuk mini market, aku minta jajan ini itu, tapi di bawah terik yang seperti air mendidih itu tega-teganya Ibuku menelantarkan aku. Apesnya lagi, di parkiran itu ada tukang parker yang lirak lirik aku sedari tadi. Mending kalo mukanya seganteng Vidi Aldiano. Ini mukanya lebih mirip Benu Buloe.
            ‘ Wah, ada ibu-ibu jamu tuh.’ Aku melihat seorang ibu paruh baya, yang memakai kebaya jaman dulu banget, dia menggendong semacam kerancang yang isinya botol-botol tempat jamu. Aku mendekati,lalu memanggil ibu itu.
            ‘ Buk, jamu Buk.’ Agak teriak sedikit, lalu jongkok di deket ibu itu.
            ‘ Buk’ Lanjutku, ‘ Jamu yang bisa bikin cantik seketika ada Buk?’ Tanyaku pede.
            Ibu itu kayak mau ketawa tapi ditahan, lalu dengan nada, irama, dan intonasi yang haluuuus banget, dia menjawab, ‘ Ndhak adhaa Mbhaakk.’ Ibu itu medok sekali bicaranya.
            ‘ Hehehe. Jamu galian singset aja deh Buk.’ Aku sedikit memperlambat irama bicaraku, berniat meledek ibu jamu itu.
            ‘ Ini Mbhaak.’ Kata Ibu jamu itu sambil mukanya gentian meledek aku.
Pipinya digembung gembungin sehingga kelihatan cabi. Kayak pipiku.
            Setelah meneguk habis jamunya, aku melirik kea rah parkiran.
            ‘ Berapa Buk?’ Aku bertanya dalam bahasa jawa.
            ‘ Dhua ribhu Mbhak.’ Jawab sang ibu jamu Keraton Surakarta.
            Setelah selesai, aku kembali ke parkiran, berharap tukang parkirnya udah pindah ke tempat parker lain, akhirnya bersamaan dengan kedatanganku dari tempat ibu jamu tadi jongkok, Ibuku keluar dari mini market dan kita capcus ke rumah Kakung.
            Sepulangnya aku dan Ibu dari rumah Kakung, kami mampir ke pasar tradisional di daerah Sukoharjo. Ibu membeli jamu buat dia, ayah, dan adek-adekku. Nggak mau dianak angkatkan, aku juga minta dibeliin jamu galian singset. Aku minta 3 pak. Per paknya berisikan 10 bungkus. Lumayaan, selama libur kuliah belum selesai, paling tidak berat badanku turun 30 ons.
            Kegiatan rutinku di rumah, adalah SMSan. Suatu pagi, aku sms di beberapa kontak temen di hpku. Aku mengirim sms yang bisa membuat mereka mau bales smsku. Seperti pagi itu, aku sms,
‘ Selamat  tiduuur, ayam sudah berkokok betook :D ‘
Sms itu aku kirim ke kira-kira 20 temen. Waktu itu, balesan yang masuk macem-macem. Ada yang, ‘ zzzzZZZ.’ Ada lagi yang sangat nggak terima kalo aku sms dia,dia bales smsku gini, ‘ Massalahhbuat lohh?!!!’ Tapi, dari ketujuhbelas temen yang bales (yang 3 smsnya mungkin nyangsang di kabel provider), ada balesan yang aku kira ini yang bales bukan manusia tapi ayam. Dia balesnya gini, ‘ Kok kok kokok betoookk.’ Ternyata yang bales Annisa.
            Aku mau bales dengan kalimat, ‘ Maaf yam, Annisa kamu kemanain?’ Tapi niat itu aku urungkan. Aku takut kalo itu ayam sebentar lagi bakalan menelfon aku. Akhirnya, aku Cuma bales, ‘Hahahahaha, Ini adalah kokokan termerdu yang pernah aku baca.’
            ‘ Apa kabar Mbem? ‘ Tanya Annisa d isms.
            ‘ Baik Ying, kamu gimana? ‘ Aku biasa p[anggil dia Ying, dan dia biasa panggil aku Mbem.
            Annisa bilang dia kabar baik.
            Annisa adalah temen kampus beda jurusan yang lumayan deket sama aku. Dulu waktu OSPEK, dia satu kelompok sama aku. Dan waktulah yang menyulap ketidaksaling kenalan kita sampai jadi makin kenal. Annisa anak jurusan Sebi Rupa. Prodinya dia Desain Komunikasi Visual (DKV). Dia cewek yang tergolong cuek,sih, menurutku. Tapi, dia cantik. Cantiknya nggak ngebosenin. Aku akrab sama Annisa kalo nggak salah setelah OSPEK selesai. Jadi, waktu itu ada reunion gitu deh sekelompok. Aku punya nomernya dia, dia juga punya nomerku. Smsan lah kita. Dari awal berpandangan sama Annisa, aku udah ngerasa kalo dia anaknya asik, lucu, dan nyantai. Dan itu benar ada di dirinya setelah kita saling kenal lebih jauh. Pokoknya, bukan Cuma cantiknya yang nggak ngebosenin, ngomongin seputar Annisa bagiku sama sekali nggak ngebikin aku bosen. Hehehe
            Aku sama Annisa emang beda jurusan, tapi kita akrab banget d isms. Sampai sekarang.
            ‘ Mbem, kamu liburan sibuk ngapain?’ Tanya Annisa d isms.
            Aku yang pada waktu baca sms itu sedang sibuk banget nyuapin adek bayi tetangga yang nggak mau mangap-mangap, tadinya mau bales, ‘ Lagi sibuk kasih makan bayi tetangga nih Ying.’ Tapiaku akhirnya bales pake kalimat dusta biar suasana jadi ayik dan lucu.
            ‘ Aku sibuk promo single kedua yang berjudul Apalah (Arti Menunggu) nih Ying. Kamu sibuk apa?’
            Sekitar lima menit kemudian, Annisa baru bales, ‘Wah, pasti sibuk banget kamu ya Mbem. Semangat yaa J :*.’ Habis dia bales smsku dengan kalimat [perhatian yang penuh kasih saying itu, setelah aku bales lagi, dia nggak bales smsku lagi.
            Keesokan harinya, aku sms Annisa lagi.
            ‘ Ying, kirimin jadwal MKUmu dong?’ Tanggal itu (aku lupa), aku mau mengisi jadwal kuliahku.
            ‘ Udah aku kirim di pesan facebookmu Mbem’ Kata dia d isms.
            ‘ Oke, makasih ya J Lagi apa?’
            ‘ Lagi beres-beres kamar nih Mbem, hufft. Km Mbem?’
            ‘ Aku lagi habis sit up 20 kali nih, ini mau minum jamu galian singset.’
            ‘ Eh, aku tiap hari juga minum jamu lho mbem. Beras Kencur. Jadi, berhubung ketekku bau, tiap hari aku aku minum itu deh, biar tambah berat badan juga kayak kamu Mbem.’
            ‘ Aku tu juga lagi rajin-rajinnya minum jamu ini lho Ying, sedari liburan awl-awal kemarin. Wah, beras kencur bisa bikin suara jadi bagus juga lho ying denger-denger.’ Kataku ke Annisa yang pasti bikin dia bahagia banget dibalik hp sana.
            ‘ Oya? Wah berarti aku bisa jadi penyanyi dong?  Beras kencur juga bisa bikin nafsu makan bertambah lho mbem.’ Bales dia.
            Aku sempat berpikir dan membandingkan. Kira-kira, sejak kapan Annisa mengonsumsi beras kencur tiap hari ya? Masak iya sih kalo dari SMA dia rutin minum beras kensur tiah hari, bodynya segitu-gitu aja deh perasaan? Aku pernah lihat foto-fotonya dia dari fb sewaktu dia masih SMA sampe sekarang. Walaupun emang, dia wangi keteknya, tapi efek beras kencur ke badan dia kayaknya melenceng jauh dari harapannya dia deh.
            Sejak saat itu, aku baru tau kalo beras kencur itu bisa menggantikan peran deodoran.  Lalu, sempat terlintas di otak nakalku, deodorant dalam bentuk minuman, lebih praktis dan instan juga tuh kayaknya. Jadi, yang suka pake deodorant yang dioles-olesin ke ketek, coba deh deodorannya disedu p[ake air mendidih lalu diminum, jadi bukan cuma ketek yang nggak bakalan bau, tapi seluruh tubuh kamu bakalan wangi sepanjang hari.
            Annisa nggak pernah absen minum beras kencur tiap harinya. Entah yang nyuruh Ibunya, Eyangnya, atau nalurinya sendiri seolah-olah, minuman tradsional berjudul Beras Kencur itu, menjadi minuman favorit wajib yang dia minum tiap hari.
            ‘ Buk, aku mau beras kencur dong?’ Aku meminta Ibuku yang waktu itu lagi meracik jamu di dapur.
            ‘ Buta apa?’ Tanya Ibu agak nggak ikhlas.
            ‘ Ya buat aku minum dong buk masak mau aku kasih kucing?’
            Lalu Ibu memberikan segelas beras kencur kepadaku.
            ‘ Uuh, rasanya kok kayak gini?’ Aku menghabiskannya dengan ekspresi merem melek dan lidahku yang menjulur-julur sedikit.
            ‘ Mana Ibuk tau? Tanya yang nyiptain beras kencur aja sana kalo mau?!’ Ibu sewot.
            Aku masuk kamar, dan meng-update status di twitter.
            ‘ Beras kencur ternyata selain bikin suara bisa bagus, ngilangin bau ketek yang menyengat,menambah nafsu makan, bisa juga menghipnotis peminumnya seolah sedang berada di diskotik dengan lampu motor yang menyala-nyala silau.’ Status itu mengundang sensasi. Banyak temen-temenku yang nge-RT.
            ‘ Hahahaha kalo nggak punya duit dan lagi pengen dugem, tinggal minum beras kencur aja dong berarti? Ajeeeb.’ Itu RT dari temenku yang sukanya dugem. Lalu, ada lagi, ini RT dari temenku yang suka galau kalo malem-malem. Dia bilang, ‘Saat sepinya malam dengan kondisi hati yang remuk, beras kencur bisa nemenin aku lihat bintang kayaknya ya Yan?’ Nah, ini ada lagi RT dari temenku yang otaknya otak criminal banget. Katanya, ‘ Wah, besok pas jalan di mall, aku mau kasih beras kencur ke orang yang lagi lewat ah,setelah dia kehipnotis, aku rampas harta dan handphonenya. Yesss.’
            Aku bingung sendiri membaca RT-RT dari segelintir temen yang kayaknya perlu sesegera mungkin cek up kejiwaan. Sayang sekali Annisa nggak punya twitter sekarang ini. Coba kalo dia punya, terus dia baca statusku, dia pasti akan nge-RT gini, ‘Mbem, kayaknya kamu nggak cocok deh minum beras kencur. Soalnya, kamu gadis galian singset yang berjilbab, nggak pantes banget dong kamu berada di diskotik.’
            Yaa, aku tau banget, Annisa adalah temen deketku yang paling bisa membimbing kaebaikan dengan gayanya yang lembut dan penuh kasih saying. Uh, dasar Gadis Beras Kencur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar