Sabtu, 02 Juni 2012

Drummer Before Flower


  Nggak begitu kenal dengan sosok Mbak cantik yang jago ngegebukin drum ini,sih, lebih dalamnya kayak gimana. Aku paling suka lihat orang main drum. Apalagi kalo cewek, bukan Cuma suka banget tapi pengen ikut ngegebukin yang main drum. Mbak ini namanya, Mbak Inka. Aku kenal dari Mbak Arum. Mbak Arum satu band sama Mbak Inka.
    ‘Dia tu orangnya agak cuek dek.’ Kata  Mbak Arum sewaktu kita ketemu di kontrakan.
    ‘Aku ngefans sama dia mbak. Pendaftaran Inka Lovers Semarang masih nerima member nggak ya?’ Kataku yang berlebayan semangatnya.
    Sore itu, Mbak Arum ada jadwal latihan sama Caroline (nama bandnya). Sebelum Mbak Arum pergi, aku menahan dia saat sudah diambang pintu utama kontrakan.
    ‘ Mbaaaakk kaoskuuu nyangkut di resletingmuuuu!’ Teriakku.
    Mbak Arum adalah yang pertama kali membuat aku mendengar nama seorang Mbak Inka. Memang, seorang Mbak Arum itu adalah bagian dari hidupku juga (lebay). Dia deket banget sama aku sejak kelas 2 SMP, dia kelas 3. Sekarang, kedekatan kita udah kayak kanguru sama anaknya gitu deh.
    Suatu hari, aku sama Mbak Arum lagi ketemu di kontrakan. Kita ngobrol-ngobrol seputar musik.
    ‘Mbak, aku sekarang mau belajar main drum ah.’ Kataku sambil menaruh bolpoin di sela telinga kananku.
    ‘Wiiih, kereeeenn. Yaudah, latihan terus aja.’ Kata Mbak Arum sambil dia masih sibuk ngetik SMS. Pake mesin tik.
    ‘Mbak Arum dong ajarin auu?’ Aku melihat lihat hasil gambarku yang abstrak abis.
    ‘Heeeeeh, kamu ngajak berantem?!’ Mbak Arum sewot.
    Dia mengambil posisi selayaknya anak dance lagi pemanasan, goyangin kepalanya ke kiri kanan, meremas remas tangannya kuat-kuat, lalu ngedance dengan alunan musik S 12.
    ‘Kenapa mbaak? Auk kan minta diajarin sama yang udah semester banyak?’ Aku mngambil posisi selayaknya anak baik-baik yang jarang keluar rumah dan rajin bersiin WC. Berdiri nyantai.
    Aku heran dengan jalan pkiran Mbak Arum. Banyak lobang dan kurang  seringdilewatin sama kendaraan kali tuh ya jalannya. Mbak Arum malah mau ngamuk, waktu aku mau minta dia ngajarin aku main drum. Helloo, Mbak Arum, aku minta buat diajarin buat ,main drum, bukan taekwondo.
    Yang aku tau dari Mbak Arum, Mbak Inka ini jago sekali main drumnya, selain itu suaranya juga seksi. Kalo di kampus, sampai sesemester ini habis, aku nggak pernah lihat Mbak Inka main drum,sih. Lihat dia berangkat atau pulang kuliah aja aku nggak pernah. Eh, tapi pernah suatu ketika pas lagi mau ada event juran gitu, aku lhat Mbak Inka, bahkan menghabiskan setengah hari bersama dia di dalam keramaian. Sebelumnya, aku sempet,sih, add facebooknya. Tapi, wallku nggak kekirim kirim ke dindingnya Mbak Inka. Mungkin, dindingnya lagi dicat ulang. Nah,di Gedung B6,aku akhirnya bias puas melihat wajah cantik Mbak Drumer yang aku fans.in kemarin-kemarin ini. Aku dan Mbak Inka adalah sie dekorasi dokumentasi. Kita disitu dan sama yang lainnya, lagi bikin persiapan-persiapan buat eventnya anak seni musik seni tari.
    Dengan gayaku yang sok ngelucu,aku bikin lelucon dan duduk di depan Mbak Bimbi (kakak kelas semester 3 juga yang aku udah agak akrab). Sebelahnya Mbak Bimbi, ada Mbak Inka.
    ‘Mbak, tolongin aku dong?’ Kataku.
    ‘Apa?’ Balas Mbak Bimbi singkat, padat, menyayat.
    ‘Ini lho mbak, tolongin aku ngerapiin ini. E, ngerapiin hatiku yang berserakan gara-gara keterpa angin.’
    Mbak Bimbi dengan muka pengen muntah, merespons kalimat lucu-lucuanku tadi dengan melemparkan seonggok sisa-sisa sterofoam ke mukaku. Ini jadinya bukan melucu, tapi menyengsarakan diri sendiri.
    Tapi ada yang ngebikin aku seneng waktu itu. Mbak Inka tersenyum manis manja gitu deh. Dan dengan keyakinan yang mantap, akulah yang berhasil membuatnya tersenyum seperti itu.
    ‘Dek, pensil dong!’ Ada mbak-mbak yang minta pensl ke aku buat ngegambar dekorasi.
    ‘Aku nggak punya pensil mbak.’ Aku melihat ke arah bawah.
    ‘Itu lho, pinjem Bimbi apa Inka!’ Kata mbak itu memerintah.
    ‘ Mbak, punya pensil nggak? Pinjem dong?’ Aku menatap polos Mbak Inka. Seolah terpesona banget, sampe-sampe aku kelilipan lem kertas.
    Dikasihlah oleh Mbak Inka, sebuah pensil yang udah cebol banget.
    ‘Ini dek. Pensil ajaib nih.’ Kata Mbak Inka bangga.
    Pensil itu sepanjang kelingking anak SD kelas 5 ukurannya. Masa iya kalo tu pensil ajaib, kenapa nggak menyulap pensilnya sendiri biar jadi panjang dan awet muda? Auk masih penasaran banget dengan keajaibannya itu apa,sih, au mencoba menggambar sebuah bunga dari pensil cebol tua itu di sterofoam kecil. Dengan komat-kamit, ‘Bim calabim blakadabla!’ (Waktu itu au lagi alay). Tiba-tiba dengan diiringi angina yang bertiup agak kencang, jatoh setangkai bunga yang hamper mirip sama yang aku gambar di depan posisiku duduk.
    ‘Haaaah, appahh? Beneran bias ih?’ Kataku bahagia banget.
    ‘Sori yan, bunganya salah lempar.’ Mbak Bimbi berdiri di depanku, persis disamping bunga tu berada, lalu dia memungut bunganya untuk dikasih ke Mbak Inka buat property dekorasi.
    ‘Huufft’ Aku galau.
    Mbak Inka dan aku mulai salng membercandain satu sama lain disitu. Masih kelihatan malu-malu singa gitu. Sesudahnya semua pekerjaan mendekor dan lain-lain selesai, aku pamit pulang. Begitu juga dengan semua temen-temen jug pada pulang ke kos atau kontrakannya masing-masing. Mbak Inka juga pulang.
    Sampai kontrakan, aku merasa klo pertemuan sama Mbak Inka ini seperti pertemuan kakaak beradik yang udah 5 tahun nggak ketemu, lalu akhirnya di tahun ke 5 setengah, kita dipertemukan di acara Termehek-Mehek. Seneng banget. Aku adalah jenis orang, yang kalo udah ngefans sama orang, bakalan bertingkahlaku lebay dengan apa aja yang udah bersngkut paut sama yang aku fans-in. Mulai dari cari biodatanya, apa yang dia suka,pengen SMS-in dia terus, pengen ketemuan, pengen foto-foto berdua,pengen wall-wallan, pengen mentions-mentionsan, sampe pengen rutin ditraktir,dibeliin pulsa,ditelfon,dikasih uang jajan, dan merampas semua harta bendanya. Ngefans yang brutal. Nggak begitu, itu tadi bercandaan aja. Yang aku pengenin kalo ngefans sama seseorang itu, Cuma SATU HAL. BISA DIHARGAI. Itu udah cukup banget mewakili hasrat yang lain.
    Sekali lagi aku bilang, Mbak Inka adalah cewek cantik yang jago mainin drum. Aku denger dari Mbak Arum, bapaknya Mbak Inka adalah pemilik studio musik. Sekarang au jadi tau nih, bedanya studio musik sama Mbak Inka. Kalo studio musik, sebelum mau masuk studio buat latihan, harus ngebooking waktu dulu. Kalo Mbak Inka, kapan aja mau masuk ke hati aku, nggak perlu booking, aku selalu siaga satu dan  tinggal masuk aja aja.Semaumu, tanpa batas.
    ‘Mbak, aku mau serius laihan drum deh.’ Aku mencurahkan hatiku kepada Mbak Danis, teman sekamarku.
    ‘Oya? Lho,pianomu gimana?’ Mbak Danis melanjutkan lagi, ‘Tapi, cewek jarang,sih,main drum. Kamu nanti saingannya sedkit can (panggilan buat aku).
    ‘Ha? Saingan apa mbak?’
    ‘Ya saingan pemain drum dong!’
    ‘Loh,’ Lanjutku, ‘ Aku kan mau serius main drum mbak, bukan ikut lelangan pemain drum?’
    Mbak Danis mengambil guling, llu menggebukkannya ke pantatku.
    ‘Bukan ituuuu maksuduu.’ Lanjutnya, ‘Kamu tu nanti kalo udah bias main drum yang bagus, bakalan laris job. Soalnya drummer cewek kan masih jarang.’
    ‘Iya juga, sih, mbak.’ Kataku
    ‘Nah ,iya, kamu seriusin aja.’ Kata Mbak Danis.
    Aku merasa, kepengenanku serius main drum ini, adalah obsesi yang berasal dari ngefans sama orang yang titelnya ‘Drumer Cewek’.Dulu, waktu SMA, aku sempet,sh,pengen banget jadi drummer. Tapi, kayaknya karena kondisi bakatku lebih mengarah ke belajar kibot, aku nggak belajar drum deh dulu. Sedangkan setelah agak bias sedikit main kibot gini, karena sering lihat di TV, dank arena Mbak Inka, aku tertarik banget sekarang untuk belajar main drum. Ini memang tidak benar. Karena seharusnya, orang itu focus pada apa yang udah dari awal diniatin,apalagi bakat mendukung. Bukannya, pengen menyebar focus pada niat-niat baru yang bermunculan, kemudian dengan bakat yang bias dikatakan mendukung, lalu orang akan kepengen menguasai semua niat-niatnya. Sekarang, sepertinya aku berada pada kategori orang yang pengen menguasai semua niatku. Aku memang kepengen banget bias main drum, tapi, untuk memindah focus kesini dari niat awal, aku tidak boleh sembarangan berkata dan memutuskan pilihan. Belum lagi nanti kalo timbul niat-niat baru yang lebih fenomenal dan pengen menguasainya juga.
    Suatu sore, aku sama temenku, namanya Ivan,lagi latihan di studio ‘Letta’. Waktu itu, kita Cuma latihan berdua,gara-gara satu personil yng tertukar masih ada kuliah dan nggak bias ikut latihan. Aku main drum. Ivan pegang gitar sambil nyanyi gayanya. Paahal, subhanallah, suaranya kesana kemari nggak matching ke nada yang enak didenger. Ya bukannya ngatain,sih,Cuma kejujuran yang menyakiti mungkin.
    ‘Van, suaramu fals terus!’ Kataku yang udah mulai muak dan nggak bisa berkonsentrasi main drum.
    ‘Ah, biarlah,daripada sepi.’ Kata Ivan santai abis.
    Sepi darimana? Orang udah ada suara drum sama gitar listrik yang ada efeknya kok/ Kamu gebuk-gebukin mic sambil nyanyi aja, udah berisik banget Van. Sejam berlalu. Auk dan Ivan selesai memporak porandakan alat-alat musi di studio tersebut. Ivan juga sukses mengibrak abrik pendengaranku dengan suara falsnya yang mirip lumba-lumba habis makan sandal jepit.
    Di luar studio, di parkiran, ada Mbak Inka sama temennya, Mbak Nia. Otomatis, aku girang dalam hati tapi jaim di muka.
    ‘Halo mbak?’ Sapaku
    ‘Hei! Habis ngeband ya? Wah,kok berdua doing?’ Mbak Ink sedikit menginterogasi.
    Sebelum muncul pertanyaan-pertanyaan serem dari Mbak Inka dan Mbak Nia, misalnya; ‘Pacarannya sambil ngadem di AC ya?’ atau, ‘ Wah, sejam 15 ribu jadi alternative daripada ke hotel ya?’ ,aku cepet-cepet mengantisipasi dengan menerangkan yang sebenernya terjadi. Gila. Dikira aku sama Ivan pacaran, dan ngapa-ngapain di dalem studio. Bahaya dong. Imageku di mata Mbak Inka jadi jelek nanti.
    Setelah kujelaskan, Mbak Inka ketawa kecil.
    ‘Haha, iya-iya bercanda.’ Katanya.
    Karena Ivan uah nggak tahan lihat Mbak Nia,dia ngajak cabut. Ivan ngefans banget sama Mbak Nia. Tapi, ngefansnya ia 1 level lebih lebay dari aku. Dia, selalu beroptimisme, bisa ngemilikin Mbak Nia. Hello, Van, bangun,udah saatnya kamu sikat gigi.
    ‘Mbak,duluan ya?’ Au berpamitan, lalu pelan-pelan ninggalin tempat itu, dan ninggalin pandanganku dari Mbak Inka.
    Aku emang belum pernah lihat dengan mata telanjangku sendiri, seperti apa kalo Mbak Inka main drum. Tapi, dari cerit-cerita orang yang udah pernah melihatnya, Mbak Inka ini keren banget mainnya. Keren sama brutal beda lho. Kayak drumernya Tria, itu brutal. Kalo keren, kayak Echa Soemantri.
    Menurut bayanganku sendiri, Mbak Inka kalo ngedrum, mungkin mirp sama JP M illenix, jebolan ajang Indonesia Mencari Bakat. Anak kecil ini kalo main drum, ceria, semangat, nggak ragu-ragu, dan unyu banget. Dia juga cewek cilik yang smart juga. Bisa dilihat dari lancarnya bahasa inggris yang dia lafalkan dibandingin sama Olga Syahputra.
Aku percaya, kalo Mbak Inka ngedrum, dia juga wajahnya pasti berseri-seri kayak bunga yang baru ahja mekar, dia juga smart. Bahasa indonesianya lancer kok dibanding Rihanna.
    Au berpikir dan sedikit membandingkan. Mbak Inka di rumahnya ada drum, kalo dia pengen latihan, instant banget tinggal masuk studio punya bapaknya,gratis pula. Kalo aku, agak penuh perjuangan dulu. Pergi ke studio, cari temen biar bayar studionya agak enteng, ngebooking waktu,baru deh bisa latihan. Dan kalo aku ngedrum, aku juga nggak bakal kalah smart dong. Bahasa jawaku lancer banget dibanding Cinta Laura.
    Aku semakin bertekad untuk belajar main drum. Semakin waktu berlalu, aku sama Mbak Inka juga semakin sering SMSan. Aku tau nomer Mbak Inka dari Mbak Arum. Waktu itu, malem-malem, ada SMS masuk dari 12 digit nomer yang di kontakku nggak ada namanya. Isi SMSnya minta dikirimin pulsa. Tapi nggak kayak SMS minta pulsa yang begini;
    ‘ Anakku, ini mamah. Sekarang mamah lagi di kantor polisi priksain kandungan. Kamu kirimin mamah pulsa 50.000 ya? Cepett mamah lagi darurat nih nak!’
    Yang kayak begitu mah penipuan ganda. Udah nipunya nggak smart, negbohonginnya kayak ngebohongin anak playgroup gitu. Jadi watu itu, Mbak Arum minta dibeliin pulsa dulu 5.000. Dia SMS aku pake hpnya Mbak Inka.
    ‘Ini nomernya Mbak Inka mbak?’ Tanyaku di SMS.
    ‘Iya dek.’ Jawab Mbak Arum masih pake nomernya Mbak Inka.
    Dengan hati-hati banget, aku menyimpan nomer Mbak Inka di kontakku.Setelah au udah beliin pulsa, Mbak Arum udah SMS aku pake nomernya sendiri. Sejak saat itu, aku nggak SMSan lagi sama nomernya Mbak Inka. Sampai pada waktu mau tahun baru, aku SMS Mbak Inka pake kalimat-kalimat so sweet gitu deh. Tapi sayangnya seminggu berlalu,sebulan, nggak dibales juga ahirnya Sempet sedih,sih waktu itu. Mungkin aja operator lagi nggak mau diganggu juga, atau mungkin aja emang apes. Tapi nggk papa. Aku masih jadi fans setianya Mbak Inka, sebut Inka Lovers juga boleeeeh.
    Walaupun ak jarang banget bahkan nggak pernah SMSan sama Mbak Inka, tapi pada tiap kesempata aku dan dia dipertemukan,kita udah mulai akrab.
    Seperti saat itu, Mbak Arum mau latihan,tapi mampir k kontrakan dulu. Dia sama Mbak Inka.
    ‘Mbak Inka?’ Aku yang lagi mau bikin cpffemix, dikagetkan dengan sosok Mbak Inka yang berdiri di deket pintu kamar Mbak Regina (mbak sekontrakanku).
    Mbak Inka waktu itu pake celana item panjang, dan pake jaket coklat dengan jamper menutup sebagian kepalanya..
    ‘Hei!’ Bales Mbak Inka tersenyum, lalu mencubit pipiku.
    Aku mengontrol diri untuk nggak lebay sebisa mungkin, dan mengontrol pipiku yang habis dicubit Mbak Inka, siapa tau cubitannya jatoh ke cangkirku yang berisi coffemix hangat.
    ‘Ngapain mbak disini?’ Tanyaku sambil mengaduk minuman di cangkir.
    ‘Nih,nganter Arum.Ayoooo main ke kontrakanku.’ Mbak Inka menawakan aku untuk main.
    Dia terlihat ikhlas banget. Nggak kayak tukang sales bolpoin yang nggak ikhlas kalo harga per paknya ditawar tigaribu maratus. Au langsung kelihatan seneng banget mukanya. Mataku berbinar indah kayak bunga matahari, senyumku merekah kayak bunga kamboja. Ha? Bukannya kamboja adalah bunga yang biasa ada di kuburan? Aku nggak tau kenapa memilh perumpamaan bunga itu.
    ‘Oke deh mbak.’ Balasku, ‘ Kapan-kapan ya, nanti tapi kalo aku main kesana, ada mainan komidi putar nggak?’
    ‘Adanya, permainan domikado eskado escalator dek.’ Mbak Inka membalas dengan kelucuannya dia.
    ‘Yaaaa, apa aja boleh deh. Asal ada Mbak Inka.’
    Liburan datang. Otomatis, karena aku pulang ke rumah asal, di Demak, dan Mbak Inka juga mungkin udah pulang ke Magelang, daerah asalnya, kita jadi nggak bakal ketemu sebulan lebih. Aku yang lumayan update di twitter, pernah nyoba buk profilnya Mbak Inka di twitter. Di posting paling atas, tercatat bulannya bulan oktober 2011. Sekarang, udah Februari 2012. Lama baangeet (pake gaya alay). Lalu suatu hari, aku buka facebook. Dengan agak terkejut dan seneng banget, aku lihat di dindingku ada wall dari Mbak Inka.
    ‘Wow, ini mimpi bukan ya?’ Kataku dalam hati lebay.
    ‘Hei kamu . . J Apa kabar?’ Isinya begitu.
    Aku lihat, wall itu udah dikirm 17 jam yang lalu, sampe dikirim 2 kali. Aku emang lebih suka dan sering buka twitter dibanding buka facebook. Makanya, nggak begitu tau juga apa yang terjadi di facebook-ku. Tapi, waktu aku buka, lalu aku lihat ada wall dari Mbak Inka, sampe sekarang, aku jadi adil memperlakukan kedua akunku tersebut. Aku jadi nggak lupa buat buka facebook kalo lagi buka twitter. Hehehe
    Malam harinya SMS Mbak Inka.
    ‘Halo Mbak Cantik penggebuk drum J’
    Cukup lama, sih, nunggu balesan. Kira-kira 2 jam kemudian, baru dibales. Dan balesannya seperti ini, ‘Sapa ni?’
    Aku berpikir lagi, bener juga dia nggak tau kalo ini nomerku, siapa tau dulu waktu Mbak Arum minjem hpnya buat SMS aku, pesan terkirim sam inboxnya udah dibuangin ke sampah semua sama Mbak Arum.
    Aku bales, ‘Ini dek Diyan mbak J’
    Kali ini agk cepat, kira-kira setengah jam kemudian, Mbak Inka bales.
    ‘O kamu dek. Ini nomer kamu?’
    ‘Tadinya, ini nomernya Nabilla Syakieb, tapi udah dikasihin ke aku mbak. Gimana kabar?’
    Agak lebih cepat lagi, 5 menitan kemudian, Mbak Inka membalas.
    ‘Baik dek. Kamu lagi di rumah ini ya?’ Kata Mbak Inka yang seolah mau nerusin untuk SMSan sama aku.
    ‘Iya nih mbak, di rumah. E, Mbak Inka ngerasa amis nggak mbak?’ Aku mulai ingin membuat suasana SMSan kita jadi lucu dan so sweet.
    ‘Enngak tuh.’ Bales Mbak Inka irit ngetik banget.
    ‘Kalo aku ngerasa banget nih mbak. Aku ngerasa AMIS banget. AMISYUUUU ::D ‘
    Sebentar kemudian, Mbak Inka semakin cepat membalas.
    ‘Oya? Amisyuutuuu :* Eh,kamu punya flashdisk nggak? Boleh pinjem?’
    Au bales, ‘Ada nih mbak, Kingston 4 GB tapi yang free Cuma 500 MB.’
    Mbak Inka bales, ‘Sini aku pinjem, buat mentransfer hatiku ke hati kamu.’ Suasana SMSan pada malam jumat itu jadi makin so sweet dan membuat aku jadi berbunga-bunga.
    Aku sekarang jadi sering banget SMSan sama Mbak Inka. Obrolan-obrolan dan topik kita juga udah kemana mana. Kalo diibaratin, aku tu kayak bunga yang masih kuncup. Awalnya, kuncup itu akan berjuang tiap hari melawan hujan dan terik. Lalu sedikit demi sedikit dibantu dengan diberi pupuk. Lama-lama kuncup itu akan merekah juga,kelihatan indah,kelihatan lucu, dan kelihatan jadi smart flower. Sama banget sebelum aku kenal sama Mbak Inka. Aku ngefans, lalu aku mulai terobsesi dengan dia, mulai akrab karena dibantu Mbak Arum dan juga keadaan, dan akhirnya bisa nyaman deket sama dia. Aku sekarang juga lagi rajin-rajinnya latihan drum. Cari-cari video I youtube, sampe Tanya-tanya ke orang yang udah menguasai tekniknya juga. Aku mungkin sebentar lgi akan jadi SMART FLOWER. Untuk sekarang, aku masih jadi DRUMER BEFORE FLOWER. Drumer sebelum beneran jadi drummer yang kelihatan smart dan lincah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar